Wisata Imogiri Komplek Makam Raja Mataram Imogiri

IMG-20130628-01466

Om Pandri siap dengan pakaian kebesarannya

Wisata  Imogiri (Komplek Makam Raja Mataram Imogiri)

 

Kunjungan ke Jogjakarta bagi wisatawan penggemar wisata spiritual akan lebih lengkap apabila berkunjung ke Imogiri untuk “ngalap berkah” dari kesaktian raja-raja mataram islam, wisata ke komplek Makan Imogiri sangatlah cocok, karena dengan melakukan wisata ke makam raja raja Mataram di Imogiri wisatawan akan mendapatkan “berkah”.

 

Kompleks ini berada di Kel. Ginirejo Kec, Imogiri, Kab Bantul. Komplek makam Imogiri merupakan komplek makam yang diperuntukkan bagi raja raja Mataram dan keluarganya. Makam ini didirikan oleh Sultan Agung antara tahun 1632 – 1640M.

 

Menuru juru kunci atau local tour guide komplek makam Imogiri  yang  memiliki luas 10 hektar, dibangun tahun 1632 dan dirancang oleh arsitek dari Jepara, KRT Tjitrokusumo dengan langgam perpaduan Hindu-Jawa. Corak bangunan Hindu terlihat pada pintu gerbang makam, yaitu model candi Hindu yang terbelah dua. Sementara untuk bangunan model Jawa, terwujud dalam dua bangunan pendopo berbentuk joglo, yaitu Bangsal Sapit Urang sisi timur dan Barat.

 

Makam Imogiri, secara umum terbagi menjadi 3 bagian. Sisi Barat merupakan kompleks pemakaman bagi raja-raja Keraton Surakarta (dinasti Pakubuwono). Sisi Timur merupakan area pemakaman bagi raja-raja dari Kasultanan Yogyakarta (Hamengkubuwono). Sedangkan Bagian Tengah merupakan makam raja-raja Mataram sebelum kerajaan Mataram terpecah menjadi 2 melalui perjanjian Giyanti tahun 1755.

 

Untuk memasuki kompleks makam, para peziarah akan didampingi juru kunci makam dan diharuskan memakai pakaian adat Jawa, yaitu perempuan mengenakan “kemben”; atau baju batik atau “jarik” untuk laki-laki, serta tidak boleh menggunakan alas kaki. Selain itu, pengunjung dilarang menggunakan perhiasan emas dan tidak diperbolehkan memotret makam Sultan Agung.

 

Sedangkan jadwal untuk kunjungan kemakam Imogiri adalah:

 

Hari Senin dibuka mulai jam 10.00  sampai dengan jam 13.00
Hari Jumat dibuka mulai jam 13.30 sampai dengan jam 16.00

 

Untuk hari biasa komplek makan dibuka untuk umum tatapi untuk tidak dapat masuk ke komplek utama makam imogiri.

 

IMG-20130628-01467

Om Pandri ngantar tamu asing ke makam Imogiri

 

Advertisements
This entry was posted in wisata spiritual and tagged , , , . Bookmark the permalink.